Panduan Komentar Observasi Guru: Rating 1-3 & Rekomendasi KS

Panduan Komentar Observasi Guru - Interaktif

Pilihan Rating Observasi

Pilih salah satu untuk melihat contoh komentar dan rekomendasi.

Rating 1: Belum Dilakukan

Aspek yang diobservasi sama sekali tidak terlihat atau belum dilakukan oleh guru.

Pertanyaan 1: Apa perilaku guru dan respon murid yang mendukung penilaian Anda?
Contoh Komentar KS:
"Saya belum melihat Guru [Nama Guru] menerapkan strategi [sebutkan perilaku yang diharapkan, cth: pengelompokan yang beragam] atau memberikan kesempatan kepada murid untuk [sebutkan respon murid yang diharapkan, cth: menyampaikan pendapat secara terbuka]. Seluruh kegiatan pembelajaran masih terpusat pada Guru."
Pertanyaan 2: Apa saja rekomendasi Anda bagi guru agar praktik kinerjanya bisa meningkat di kemudian hari?
  • "Guru perlu segera mempelajari dan mencoba menerapkan [sebutkan strategi/perilaku yang hilang, cth: penerapan disiplin positif melalui kesepakatan kelas] di kelas, dimulai dari hal yang sederhana."
  • "Disarankan untuk mengikuti pelatihan mandiri di PMM mengenai [sebutkan topik yang relevan, cth: Aktivitas Interaktif] dan menyusun rencana implementasi yang spesifik."
Rating 2: Dilakukan Tapi Belum Efektif

Guru sudah mencoba, namun hasilnya belum optimal atau dampaknya pada murid belum signifikan.

Pertanyaan 1: Apa perilaku guru dan respon murid yang mendukung penilaian Anda?
Contoh Komentar KS:
"Guru sudah mencoba melibatkan murid dalam diskusi kelompok, namun saya melihat hanya sebagian kecil murid yang aktif berbicara, sementara sebagian besar murid lainnya cenderung pasif atau hanya menunggu arahan. Guru masih perlu penguatan dalam memastikan peran setiap murid dalam kelompok."
Pertanyaan 2: Apa saja rekomendasi Anda bagi guru agar praktik kinerjanya bisa meningkat di kemudian hari?
  • "Lakukan refleksi mendalam mengenai mengapa hanya sebagian murid yang terlibat. Coba variasi metode pengelompokan yang memberikan tanggung jawab peran spesifik pada setiap murid (misalnya notulen, presenter, time keeper)."
  • "Gunakan pertanyaan pemantik yang lebih terbuka (open-ended) untuk mendorong semua murid, termasuk yang pasif, berani memberikan pandangan mereka."
  • "Fokuskan pada satu atau dua strategi yang sudah dicoba, lalu lakukan penyesuaian praktik hingga terlihat dampak yang merata pada semua murid."

Rating 3: Dilakukan Dan Efektif

Guru telah melakukan dengan baik, dan dampaknya terlihat jelas pada respon, motivasi, atau pemahaman murid.

Pertanyaan 1: Apa perilaku guru dan respon murid yang mendukung penilaian Anda?
Contoh Komentar KS:
"Guru secara konsisten menggunakan komunikasi positif dan menyebut nama murid saat berinteraksi. Murid menunjukkan antusiasme yang tinggi, berani mengajukan pertanyaan lanjutan, dan terlibat aktif dalam kegiatan belajar-mengajar. Terlihat jelas suasana kelas tertib namun tetap hidup."
Pertanyaan 2: Apa saja rekomendasi Anda bagi guru agar praktik kinerjanya bisa meningkat di kemudian hari?
  • "Pertahankan dan sebarkan praktik baik ini kepada rekan sejawat, mungkin melalui sesi berbagi di komunitas belajar sekolah."
  • "Sebagai langkah pengembangan, coba tingkatkan praktik ini dengan mengintegrasikan [sebutkan aspek pengembangan, cth: pemanfaatan teknologi interaktif] atau fokus pada [sebutkan fokus baru, cth: diferensiasi konten] untuk lebih menjangkau beragam kebutuhan belajar murid."
  • "Lanjutkan untuk selalu merefleksikan praktik mengajar dan mencari inovasi baru berdasarkan respons murid."

© 2025 Panduan Observasi Guru. by Pakkar

Berikutnya
« Prev Post
Previous
Next Post »