Instrumen Supervisi : Pelaksanaan Pembelajaran

Instrumen Supervisi Pelaksanaan Pembelajaran

Skor Perolehan : 0 Persentase : 0% ( - )
INSTRUMEN SUPERVISI AKADEMIK (KURIKULUM MERDEKA)
SUPERVISI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
No Aspek yang Diamati Tidak Ada (0) Kurang Sesuai (1) Sesuai (2) Catatan
A. Kegiatan Pendahuluan
1. Orientasi
1 Guru menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dengan menyapa dan memberi salam.
2 Guru menyampaikan rencana kegiatan baik, individual, kerja kelompok, dan melakukan observasi.
2. Motivasi
3 Guru mengajukan pertanyaan yang menantang untuk memotivasi peserta didik.
4 Guru menyampaikan manfaat materi pembelajaran.
3. Apersepsi
5 Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai peserta didik.
6 Guru mengaitkan materi dengan materi pembelajaran sebelumnya.
7 Guru mendemonstrasikan sesuatu yang terkait dengan materi pembelajaran.
B. Kegiatan Inti
1. Penguasaan Materi Pembelajaran
8 Guru menyesuaikan materi dengan tujuan pembelajaran.
9 Guru mengkaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan, perkembangan iptek, dan kehidupan nyata.
10 Guru menyajikan pembahasan materi pembelajaran dengan tepat.
11 Guru menyajikan materi secara sistematis (mudah ke sulit, dari konkrit ke abstrak).
2. Penerapan Strategi Pembelajaran yang Mendidik
12 Guru melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai.
13 Guru melaksanakan pembelajaran yang menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik dalam mengajukan pertanyaan.
14 Guru melaksanakan pembelajaran yang menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik dalam mengemukakan pendapat.
15 Guru melaksanakan pembelajaran yang mengembangkan keterampilan peserta didik sesuai dengan materi ajar.
16 Guru melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual.
17 Guru melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan.
3. Aktivitas Pembelajaran HOTS dan Kecakapan Abad 21 (4C)
18 Guru melaksanakan pembelajaran yang mengasah kemampuan Creativity peserta didik.
19 Guru melaksanakan pembelajaran yang mengasah kemampuan Critical Thinking peserta didik.
20 Guru melaksanakan pembelajaran yang mengasah kemampuan Communication peserta didik.
21 Guru melaksanakan pembelajaran yang mengasah kemampuan Collaboration peserta didik.
4. Kualitas Pembelajaran: Manajemen Kelas
22 Terciptanya suasana kelas yang kondusif untuk proses belajar mengajar (tanpa disrupsi yang mengalihkan perhatian dari aktivitas belajar).
23 Terlaksananya penerapan prinsip disiplin positif dalam menegakkan aturan kelas yang telah disepakati bersama.
5. Pemanfaatan Sumber Belajar/Media Pembelajaran
24 Guru menunjukkan keterampilan dalam penggunaan sumber belajar yang bervariasi.
25 Guru menunjukkan keterampilan dalam penggunaan media pembelajaran.
26 Guru melibatkan peserta didik dalam pemanfaatan sumber belajar.
27 Guru melibatkan peserta didik dalam pemanfaatan media pembelajaran.
28 Menghasilkan kesan yang menarik.
6. Penggunaan Bahasa yang Benar dan Tepat dalam Pembelajaran
29 Menggunakan bahasa lisan secara jelas dan lancar.
30 Menggunakan bahasa tulis yang baik dan benar.
C. Kegiatan Penutup
1. Proses Rangkuman, Refleksi, dan Tindak Lanjut
31 Guru memfasilitasi dan membimbing peserta didik merangkum materi pelajaran.
32 Guru menunjukkan aktivitas belajar yang bertujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mengajar.
33 Guru menunjukkan aktivitas untuk mengevaluasi dan merefleksikan praktik pengajaran yang telah diterapkan.
34 Terlaksananya penerapan cara, bahan, dan/atau pendekatan baru dalam praktik pengajaran.
35 Guru melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas perbaikan/pengayaan.
2. Pelaksanaan Penilaian Hasil Belajar
36 Guru melaksanakan penilaian sikap melalui observasi.
37 Guru melaksanakan penilaian pengetahuan melalui tes lisan, tulisan.
38 Guru melaksanakan penilaian keterampilan: penilaian kinerja, proyek, produk, atau portofolio.

Berikutnya
« Prev Post
Previous
Next Post »