Skor Perolehan : 0 Persentase : 0% ( - )
INSTRUMEN SUPERVISI AKADEMIK (KURIKULUM MERDEKA)
SUPERVISI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
| No | Aspek yang Diamati | Tidak Ada (0) | Kurang Sesuai (1) | Sesuai (2) | Catatan |
|---|---|---|---|---|---|
| A. Kegiatan Pendahuluan | |||||
| 1. Orientasi | |||||
| 1 | Guru menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dengan menyapa dan memberi salam. | ||||
| 2 | Guru menyampaikan rencana kegiatan baik, individual, kerja kelompok, dan melakukan observasi. | ||||
| 2. Motivasi | |||||
| 3 | Guru mengajukan pertanyaan yang menantang untuk memotivasi peserta didik. | ||||
| 4 | Guru menyampaikan manfaat materi pembelajaran. | ||||
| 3. Apersepsi | |||||
| 5 | Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai peserta didik. | ||||
| 6 | Guru mengaitkan materi dengan materi pembelajaran sebelumnya. | ||||
| 7 | Guru mendemonstrasikan sesuatu yang terkait dengan materi pembelajaran. | ||||
| B. Kegiatan Inti | |||||
| 1. Penguasaan Materi Pembelajaran | |||||
| 8 | Guru menyesuaikan materi dengan tujuan pembelajaran. | ||||
| 9 | Guru mengkaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan, perkembangan iptek, dan kehidupan nyata. | ||||
| 10 | Guru menyajikan pembahasan materi pembelajaran dengan tepat. | ||||
| 11 | Guru menyajikan materi secara sistematis (mudah ke sulit, dari konkrit ke abstrak). | ||||
| 2. Penerapan Strategi Pembelajaran yang Mendidik | |||||
| 12 | Guru melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai. | ||||
| 13 | Guru melaksanakan pembelajaran yang menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik dalam mengajukan pertanyaan. | ||||
| 14 | Guru melaksanakan pembelajaran yang menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik dalam mengemukakan pendapat. | ||||
| 15 | Guru melaksanakan pembelajaran yang mengembangkan keterampilan peserta didik sesuai dengan materi ajar. | ||||
| 16 | Guru melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual. | ||||
| 17 | Guru melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan. | ||||
| 3. Aktivitas Pembelajaran HOTS dan Kecakapan Abad 21 (4C) | |||||
| 18 | Guru melaksanakan pembelajaran yang mengasah kemampuan Creativity peserta didik. | ||||
| 19 | Guru melaksanakan pembelajaran yang mengasah kemampuan Critical Thinking peserta didik. | ||||
| 20 | Guru melaksanakan pembelajaran yang mengasah kemampuan Communication peserta didik. | ||||
| 21 | Guru melaksanakan pembelajaran yang mengasah kemampuan Collaboration peserta didik. | ||||
| 4. Kualitas Pembelajaran: Manajemen Kelas | |||||
| 22 | Terciptanya suasana kelas yang kondusif untuk proses belajar mengajar (tanpa disrupsi yang mengalihkan perhatian dari aktivitas belajar). | ||||
| 23 | Terlaksananya penerapan prinsip disiplin positif dalam menegakkan aturan kelas yang telah disepakati bersama. | ||||
| 5. Pemanfaatan Sumber Belajar/Media Pembelajaran | |||||
| 24 | Guru menunjukkan keterampilan dalam penggunaan sumber belajar yang bervariasi. | ||||
| 25 | Guru menunjukkan keterampilan dalam penggunaan media pembelajaran. | ||||
| 26 | Guru melibatkan peserta didik dalam pemanfaatan sumber belajar. | ||||
| 27 | Guru melibatkan peserta didik dalam pemanfaatan media pembelajaran. | ||||
| 28 | Menghasilkan kesan yang menarik. | ||||
| 6. Penggunaan Bahasa yang Benar dan Tepat dalam Pembelajaran | |||||
| 29 | Menggunakan bahasa lisan secara jelas dan lancar. | ||||
| 30 | Menggunakan bahasa tulis yang baik dan benar. | ||||
| C. Kegiatan Penutup | |||||
| 1. Proses Rangkuman, Refleksi, dan Tindak Lanjut | |||||
| 31 | Guru memfasilitasi dan membimbing peserta didik merangkum materi pelajaran. | ||||
| 32 | Guru menunjukkan aktivitas belajar yang bertujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mengajar. | ||||
| 33 | Guru menunjukkan aktivitas untuk mengevaluasi dan merefleksikan praktik pengajaran yang telah diterapkan. | ||||
| 34 | Terlaksananya penerapan cara, bahan, dan/atau pendekatan baru dalam praktik pengajaran. | ||||
| 35 | Guru melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas perbaikan/pengayaan. | ||||
| 2. Pelaksanaan Penilaian Hasil Belajar | |||||
| 36 | Guru melaksanakan penilaian sikap melalui observasi. | ||||
| 37 | Guru melaksanakan penilaian pengetahuan melalui tes lisan, tulisan. | ||||
| 38 | Guru melaksanakan penilaian keterampilan: penilaian kinerja, proyek, produk, atau portofolio. | ||||