3 Catatan Penting Refleksi Tindak Lanjut Kinerja Guru di PMM merupakan langkah strategis untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Simak 3 catatan penting kepala sekolah dalam penilaian refleksi tindak lanjut penilaian kinerja guru melalui Platform Merdeka Mengajar, demi mendukung pengembangan profesional guru.
3 Catatan penting kepala sekolah dalam refleksi tindak lanjut antara lain :
- Nilai Upaya Refleksi Guru
- Nilai Upaya Mempelajari Guru
- Nilai Peningkatan Kinerja Guru
Berikut contoh catatan / alasan kepala sekolah memberikan penilaian dari refleksi tindak lanjut yang dilakukan oleh guru setelah melaksanakan observasi dalam pembelajaran.
1. Nilai Upaya Refleksi Guru
– menjelaskan penyebab tantangan yang berasal dari faktor eksternal (sarana prasarana, anggaran, koneksi, sinyal dll)
| 1. Sadar tantangan dan penyebabnya berada diluar kendali diri |
|---|
| Catatan Kepala Sekolah : Guru menyadari bahwa tantangan yang dihadapi dalam pembelajaran berasal dari faktor eksternal, sehingga dalam memfasilititasi proses belajar peserta didik tidak sesuai harapan |
| 2. Sadar tantangan dan penyebabnya berada di dalam kendali diri |
|---|
| Catatan Kepala Sekolah : Dalam refleksinya guru menyadari bahwa tantangan yang menyebabkan proses pembelajaran belum sesuai ekspektasi yang diharapkan karena ada kekuarangan pada dirinya (sebutkan kekurangan yang ada pada catatan refleksi guru). |
| 3. Sadar tantangan dan Penyebabnya berada didalam kendali diri serta dampaknya |
|---|
| Catatan Kepala Sekolah : Guru menemukan tantangan yang menyebabkan proses pembelajaran belum sesuai ekspektasi yang diharapkan karena ada kekuarangan pada dirinya (sebutkan kekurangan yang ada pada catatan refleksi guru). Sehingga capaian pembelajaran masih belum sesuai harapan (sebutkan kondisi pembelajaran berdasarkan refleksi guru). |
2. Nilai Upaya Mempelajari Guru
| 1. Melakukan upaya tindak lanjut |
|---|
| Catatan Kepala Sekolah : Berdasarkan catatan refleksi tindak lanjut, guru telah mendapatkan inspirasi untuk memperbaiki tantangan pembeajaran sebelumnya. |
| 2. Mempraktikkan inspirasi dari upaya tindak lanjut |
|---|
| Catatan Kepala Sekolah : Berdasarkan catatan refleksi tindak lanjut, guru telah mendapatkan inspirasi dan mempraktikkan inspirasi sesuai yang telah disepakati. |
| 3. Membagikan praktik baik hasil inspirasi dari upaya tindak lanjut |
|---|
| Catatan Kepala Sekolah : Berdasarkan catatan refleksi tindak lanjut, guru telah mendapatkan inspirasi dan mempraktikkan inspirasi sesuai yang telah disepakati. Selanjutnya praktik baik yang telah dilakukan dibagikan melalui komunitas belajar maupun media lainnya |
3. Nilai Peningkatan Kinerja Guru
| 1. Adanya upaya melakukan peningkatan kinerja |
|---|
| Catatan Kepala Sekolah : Guru melakukan perubahan dalam mengelola tugas-tugasnya sehingga tantangan yang sebelumnya dialami dapat terselesaikan. |
| 2. Upaya melakukan peningkatan kinerja sejalan dengan ekspektasi atasan |
|---|
| Catatan Kepala Sekolah : Guru melakukan perubahan dalam mengelola tugas-tugasnya sesuai ekspektasi /diatas ekspektasi (pilih salah satu) terhadap standar yang telah disepakati. |
| 3. Upaya melakukan peningkatan kinerja mendapat respon positif dari peserta didik |
|---|
| Catatan Kepala Sekolah : Guru melakukan perubahan dalam mengelola tugas-tugasnya sesuai ekspektasi /diatas ekspektasi (pilih salah satu) terhadap standar yang telah disepakati secara efektif, di terima dan mendapat penghargaan peserta didik. |
Itulah contoh catatan penting kepala sekolah dalam penilaian refleksi tindak lanjut Penilaian Kinerja Guru melalui aplikasi Platform Merdeka Mengajar.
Jika anda sebagai kepala sekolah atau ditunjuk kepala sekolah melakukan penilaian kinerja guru dan memerlukan catatan pada tahapan lainnya silahkan kunjungi tautan berikut.
- Catatan Kepala Sekolah dalam rating kinerja guru di PMM : https://pakkar.net/catatan-kepala-sekolah-dalam-rating-kinerja-guru/
- Catatan Dokumen Tindak Lanjut Refleksi Guru di PMM : https://klik.pakkar.net/blog/2024/11/20/catatan-dokumen-tindak-lanjut-refleksi-guru-di-pmm/
Semoga membantu inspirasi kepala sekolah yang sedang melakukan penilaian kinerja guru demi meningkatnya kualitas pendidikan yang pada akhirnya menghasilkan peserta didik yang mampu menjawab tantangan zaman.