| A. Informasi Umum
|
|
|
a. Identitas Sekolah
| Nama |
Karyadi, S. Pd. |
| Jenjang |
SMP |
| Mata Pelajaran |
Informatika |
| Jumlah JP |
4 X 80 |
| Fase CP |
D |
| Tema |
Analisis Data |
| Jumlah Siswa |
32 siswa |
|
|
|
b. Kompetensi Awal
Peserta didik telah mengenal fungsi fitur dan memanfaatkan aplikasi perkantoran pengolah kata. |
| c.Profil Pelajar Pancasila
- Gotong Royong
- Mandiri
- Bernalar Kritis
- Kreatif
|
| d.Sarana dan Prasarana
- Buku paket
- Sarana computer/laptop/ponsel pintar (smartphone)
- Jaringan internet
- Proyektor / Papan Tulis / Whiteboard
|
|
|
e. Target Peserta Didik
Target peserta didik adalah siswa SMP Negeri 13 Surabaya kelas 7 dalam satu rombel maksimal 32 siswa
|
|
|
F. Model Pembelajaran
- Diskusi
- presentasi
- ceramah
- Kunjungan lapangan
- Pengamatan lingkungan
- problem based learning
- Discovery Leraning.
|
| B. Komponen Inti
|
|
|
a. Tujuan Pembelajaran
|
Pertemuan 1
|
- Memahami konsep keterurutan data dalam berbagai abstraksi representasi (numerik, teks, gambar).
- Menentukan kriteria dan melakukan pengelompokan data berdasarkan kategori tertentu.
- Memakai perkakas seperti pengolah lembar kerja untuk mengolah data sederhana dan menampilkan sesuai dengan tujuan
|
|
Pertemuan 2
|
- Mengolah dan menganalisis sekumpulan data: mencari suatu data tertentu, memfilter data dengan kriteria tertentu, membandingkan, mengurutkan, mengelompokkan, menyimpulkan.
- Memahami berbagai data dalam berbagai representasi (numerik, teks, gambar) dan menyimpulkan serta menginterpretasi artinya.
- Memakai perkakas seperti pengolah lembar kerja untuk mengolah data sederhana dan menampilkan sesuai dengan tujuan.
|
|
Pertemuan 3
|
- Mengolah dan menganalisis sekumpulan data (yang lebih banyak dari data SD): mencari suatu data tertentu, memfilter data dengan kriteria tertentu, membandingkan, mengurutkan, mengelompokkan, menyimpulkan.
- Memahami berbagai data dalam berbagai representasi (numerik, teks, gambar) dan menyimpulkan serta menginterpretasi artinya.
- Memahami konsep keterurutan data dalam berbagai abstraksi representasi (numerik, teks, gambar).
- Menentukan kriteria dan melakukan pengelompokan data berdasarkan kategori tertentu
|
|
Pertemuan 4
|
- Mengolah dan menganalisis sekumpulan data (yang lebih banyak dari data SD): mencari suatu data tertentu, memfilter data dengan kriteria tertentu, membandingkan, mengurutkan, mengelompokkan, menyimpulkan.
- Memahami berbagai data dalam berbagai representasi (numerik, teks, gambar) dan menyimpulkan serta menginterpretasi artinya.
- Memahami konsep keterurutan data dalam berbagai abstraksi representasi (numerik, teks, gambar).
|
|
| b. Pemahaman Bermakna - Siswa mengeksplorasi perkakas pemrograman visual sesuai panduan
- Siswa melakukan kolaborasi dan berdiskusi mengembangkan kasus pemrograman visual
|
|
|
c. Pertanyaan Pemantik
Guru menunjukkan 2 data, satu data belum dilakukan pemformatan, sedangkan data lainnya telah dilakukan pemformatan. Kemudian ditanyakan manakah data yang lebih mudah dibaca ?
|
|
|
d. Kegiatan Pembelajaran
|
Pertemuan 1 : Mengenal Data dan perkakas pengolah data
|
a. Pendahuluan
- Peserta didik mengawali pembelajaran dengan berdo’a bersama
- Pemantik/apersepsi : Guru menunjukkan 2 data, satu data belum dilakukan pemformatan, sedangkan data lainnya telah dilakukan pemformatan. Kemudian ditanyakan manakah data yang lebih mudah dibaca ?
- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
| b. Kegiatan Inti
- Melalui tampilan pada masing-masing komputer guru menjelaskan lingkungan umum dan fitur-fitur aplikasi lembar kerja WPS Sheet.
- Peserta didik mencoba mengenali fitur-witur WPS office pada masing-masing komputer.
- Peserta didik mengerjakan lembar kerja AD-K7-01 yang telah dibagikan melalui grup media sosial (lampiran AD-K7-01)
- Peserta didik mempresentasikan hasil lembar kerja yang telah di kerjakan
| c. Penutup
- Melakukan refleksi pembelajaran dengan menanyakan materi yang belum dan sudah difahami.
- Menyampaikan informasi tentang tema pembelajaran pada pertemuan berikutnya
- Pembelajaran di akhiri dengan berdo’a
|
|
Pertemuan 2 : Mengenal fungsi dasar dan statistik | a. Pendahuluan
- Berdo’a
- Mengecek kehadiran siswa
- Guru memastikan seluruh siswa telah didepan komputer yang telah siap digunakan
- Apersepsi : Ditampilkan data dengan jumlah yang banyak. Kemudian ditanyakan kepada peserta didik bagaimana dapat menemukan jumlah, rata-rata, dan penghitungan lain dengan cepat dan akurat ?
| b. Kegiatan Inti
- Peserta didik menyimak guru mendemonstrasikan contoh penggunaan fungsi dasar dan statistik melalui masing-masing komputer siswa.
- Siswa diberikan kesempatan mencoba menuliskan berbagai fungsi dasar dan statistik pada layar monitornya.
- Siswa mengerjakan menyelesaikan tugas terkait berbagai fungsi yang telah dipelajari seperti pada tugas AD-K7-02(lampiran AD-K7-02)
- Peserta didik secara acak mempresentasikan hasil kerjanya melalui layar monitornya dan disaksikan seluruh peserta didik lainnya.
| c. Penutup
- Pertemuan diakhiri dengan refleksi dengan menyimpulkan tentang kegunaan berbagai fungsi dasar dan statistik.
- Menyampaikan informasi tentang tema pembelajaran pada pertemuan berikutnya
- Berdo’a
|
|
Pertemuan 3 : Mengenal fungsi logika | a Pendahuluan
- Berdo’a
- Mengecek kehadiran siswa
- Memastikan setiap komputer siswa telah siap digunakan untuk pembelajaran.
- Apersepsi : Ditampilkan pada layar komputer data terkait dengan pengecekan kondisi tertentu. Kemudian ditanyakan, “bagaimana komputer bisa menentukan benar dan salahnya data yang disajikan ?”.
| b Kegiatan Inti
- Peserta didik menyimak guru mendemonstrasikan contoh penggunaan fungsi dasar dan statistik melalui masing-masing komputer siswa.
- Siswa diberikan kesempatan mencoba menuliskan berbagai fungsi dasar dan statistik pada layar monitornya.
- Siswa mengerjakan menyelesaikan tugas terkait berbagai fungsi yang telah dipelajari seperti pada tugas AD-K7-03(lampiran AD-K7-03)
- Peserta didik secara acak mempresentasikan hasil kerjanya melalui layar monitornya dan disaksikan seluruh peserta didik lainnya.
| c Penutup
- Pertemuan diakhiri dengan refleksi dengan membuat kesimpulan tentang fungsi logika IF AND OR NOT.
- Menyampaikan informasi tentang tema pembelajaran pada pertemuan berikutnya
- Berdo’a
|
|
Pertemuan 4 : Pengolahan data lanjutan | a. Pendahuluan
- Berdo’a
- Mengecek kehadiran siswa
- Apersepsi : Ditampilkan 2 tabel, tabel pertama berisi data acak dan tabel ke dua berisi data yang telah di sortir dan di filter. Peserta didik diminta pendapatnya lebih cepat dan ntaman membaca tabel yang mana ?, Bagaimana caranya membuat tabel yang ke dua ?.
| b. Kegiatan Inti
- Peserta didik menyimak guru mendemonstrasikan contoh penggunaan fungsi dasar dan statistik melalui masing-masing komputer siswa.
- Siswa diberikan kesempatan mencoba menuliskan berbagai fungsi dasar dan statistik pada layar monitornya.
- Siswa mengerjakan menyelesaikan tugas terkait berbagai fungsi yang telah dipelajari seperti pada tugas AD-K7-04(lampiran AD-K7-04)
- Peserta didik secara acak mempresentasikan hasil kerjanya melalui layar monitornya dan disaksikan seluruh peserta didik lainnya.
| c. Penutup
- Pertemuan diakhiri dengan refleksi bahwa dengan membuat kesimpulan tentang cara memfilter, mensortir, memproteksi, dan membagikan data dari WPS sheet.
- Menyampaikan informasi tentang tema pembelajaran pada pertemuan berikutnya
- Berdo’a
|
|
|
|
e. Asesmen
|
Indikator capaian
|
A = Baik Sekali
|
B = Baik
|
C = Cukup
|
D = Kurang
|
|
Memahami fungsi fitur WPS sheet.
|
≥ 80% fitur yang diminta berhasil diterapkan.
|
60% 79% fitur yang diminta berhasil diterapkan.
|
40% 59% fitur yang diminta berhasil diterapkan.
|
Kurang dari 40% fitur yang diminta berhasil diterapkan.
|
|
Memahami fungsi dasar dan statistik.
|
≥ 80% fitur yang diminta berhasil diterapkan.
|
60% 79% fitur yang diminta berhasil diterapkan.
|
40% 59% fitur yang diminta berhasil diterapkan.
|
Kurang dari 40% fitur yang diminta berhasil diterapkan.
|
|
Memahami penggunaan fungsi logika .
|
≥ 80% fitur yang diminta berhasil diterapkan.
|
60% 79% fitur yang diminta berhasil diterapkan.
|
40% 59% fitur yang diminta berhasil diterapkan.
|
Kurang dari 40% fitur yang diminta berhasil diterapkan.
|
|
Memahami cara memfilter, mensortir, memproteksi dan membagikan data
|
≥ 80% fitur yang diminta berhasil diterapkan.
|
60% 79% fitur yang diminta berhasil diterapkan.
|
40% 59% fitur yang diminta berhasil diterapkan.
|
Kurang dari 40% fitur yang diminta berhasil diterapkan.
|
|
|
|
f. Pengayaan dan Remidial
|
Pengayaan:
- Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai kompetensi dasar (KD).
- Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
- Berdasarkan hasil analisis penilaian, peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pembelajaran pengayaan untuk perluasan atau pendalaman materi
|
Remedial
- Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang capaian kompetensi dasarnya (KD) belum tuntas.
- Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum tuntas.
- Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum tuntas dalam bentuk pembelajaran ulang, bimbingan perorangan, belajar kelompok, pemanfaatan tutor sebaya bagi peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar sesuai hasil analisis penilaian.
|
.
|
|
C. Lampiran |
| a. Lembar Kerja Peserta Didik
a) LKPD AD-K7-01
|
Aktivitas AD-K7-01: Mari Memahami Perkakas
Petunjuk ! Cocokkan pertanyaan dan jawaban berikut. Pilihan jawaban dapat digunakan lebih dari 1 kali.
Pilihan Jawaban:
Absolute Cell References; Fill Color; Format Accounting; Format Border; Format Date; Format Currency; Format Font; Format Number; Format Text; Freeze Panes; Mixed Cell References
|
No
|
Pertanyaan
|
|
1
|
Fitur ini dapat memberi warna latar pada cell. ......
|
|
2.
|
Dengan itur ini, apabila menyalin suatu formula, hasilnya akan tetap sama. ........
|
|
3.
|
$C$9 merupakan contoh dari ….
|
|
4.
|
Dengan itur ini, kita bisa membuat data pada baris pertama akan tetap walaupun halaman sudah di-scroll ke bawah..............
|
|
5.
|
Dengan itur ini, angka 0 di bagian depan akan tetap ditampilkan.........
|
|
6.
|
Dengan itur ini, kita bisa membuat data pada baris dan kolom tertentu akan tetap walaupun halaman sudah di-scroll ke bawah..........
|
|
7.
|
Dengan itur ini, kita bisa mengambil nilai bilangan dari sebuah tanggal...........
|
|
8.
|
Dengan itur ini, kita bisa mengatur pemisah ribuan untuk suatu bilangan...........................
|
|
9.
|
Dengan itur ini, kita dapat mengatur tampilan tulisan dengan efek coret...........
|
|
10.
|
Dengan itur ini, kita dapat menampilkan nilai uang dengan mata uang tertentu.............
|
|
11.
|
Dengan itur ini, kita dapat mengatur pilihan garis pinggir suatu cell.............
|
|
12.
|
Dengan itur ini, kita dapat mengubah pilihan tampilan tulisan.........
|
|
b) LKPD AD-K7-02
|
Aktivitas AD-K7-02 : Mengenal fungsi dasar dan statistik
Petunjuk :
Buatlah tabel berikut, kemudian tuliskan fungsi pada kolom aksi sehingga menghasilkan data sesuai dengan yang diinginkan dengan tepat.
|
Operasi
|
Agama
|
Ipa
|
Rumus
|
Aksi
|
|
Jumlah
|
95
|
65
|
+
|
|
|
Pengurangan
|
79
|
88
|
-
|
|
|
Pembagian
|
89
|
77
|
/
|
|
|
Perkalian
|
93
|
86
|
*
|
|
|
Total
|
94
|
88
|
sum
|
|
|
Rata-rata
|
79
|
83
|
average
|
|
|
Nilai tertinggi kolom C
|
|
|
max
|
|
|
Nilai terendah kolom C
|
|
|
min
|
|
|
Total Nilai > 80 di kolom D
|
|
|
sumif
|
|
|
c) LKPD AD-K7-03
|
Aktivitas AD-K7-03: Mengenal fungsi logika
Petunjuk :
- Buatlah tabel berikut dan isilah fungsi dengan benar pada kolom aksi.
- Isilah kolom kosong berikut dengan menggunakan fungsi IF OR AND NOT
|
Nilai 1
|
Nilai 2
|
Hasil
|
|
AND
|
OR
|
NOT
|
|
40
|
60
|
|
|
|
|
75
|
80
|
|
|
|
|
90
|
55
|
|
|
|
|
65
|
85
|
|
|
|
|
90
|
90
|
|
|
|
|
Syarat Lulus adalah Nilai >75
|
|
d) LKPD AD-K7-04
|
Aktivitas AD-K7-04: Mengolah data lanjutan
Petunjuk :
Berdasarkan data dalam tabel berikut :
- Buatlah tabel dengan kelas berurutan dari kelas 7A -7D, kemudian masing-masing kelas nama siswanya berurutan abdjadnya !
- Buatlah tabel yang hanya menampilkan siswa kelas 7 A saja !
|
DAFTAR NILAI SISWA
|
|
|
|
|
|
|
Nama
|
Kelas
|
IPA
|
IPS
|
SBK
|
PPKn
|
|
ABRAHAM ARIABIMA
|
7C
|
93
|
92
|
92
|
93
|
|
NESYA MUSTIKA
|
7A
|
92
|
87
|
92
|
85
|
|
RASYAD ZHAFAR
|
7D
|
82
|
82
|
82
|
83
|
|
NUR RAHMAWATI
|
7A
|
90
|
89
|
88
|
85
|
|
AKMAL ARSANDI
|
7B
|
94
|
89
|
89
|
88
|
|
ALICIA MARSHA
|
7B
|
90
|
90
|
88
|
87
|
|
SEFTIYA PUTRI
|
7C
|
91
|
90
|
88
|
85
|
|
BRILLIANT AL FAREZY
|
7A
|
94
|
91
|
92
|
89
|
|
FIKA NUR TSABITHA
|
7D
|
93
|
89
|
90
|
93
|
|
AULIA IINDAYANI
|
7B
|
82
|
83
|
82
|
82
|
|
PUTRI RAMADHANI
|
7B
|
83
|
84
|
87
|
83
|
|
BAGAS DJATMIKO
|
7C
|
88
|
83
|
84
|
83
|
|
DWI NOVA ARIYANTI
|
7A
|
82
|
83
|
82
|
84
|
|
|
|
|
b. Bahan Bacaan Guru dan Peserta Didik
|
ANALISIS DATA
Satuan Ukuran Data
Data yang disimpan dalam komputer mempunyai satuan byte (B), KB, MB, GB, TB, PB dengan ekuivalensi sebagai berikut.
|
Unit
|
Ekuivalensi
|
|
1 kilobyte (KB)
|
1,024 bytes
|
|
1 megabyte (MB)
|
1,048,576 bytes
|
|
1 gigabyte (GB)
|
1,073,741,824 bytes
|
|
1 terabyte (TB)
|
1,099,511,627,776 bytes
|
|
1 petabyte (PB)
|
1,125,899,906,842,624 bytes
|
Analisis data adalah proses pengumpulan dan pengorganisasian data untuk menarik kesimpulan yang berguna dari data tersebut. Proses analisis data menggunakan penalaran yang runtut, masuk akal, dan logis.
Tujuan utama dari analisis data ialah untuk menginterpretasi, yaitu menemukan makna dalam data sehingga pengetahuan yang diperoleh dapat digunakan untuk mengambil keputusan yang tepat. Proses menganalisis data mencakup mencari pola, kesamaan, perbedaan, kecenderungan (tren), atau hubungan lainnya, serta memikirkan tentang makna dari pola-pola ini.
Perkakas Worksheet
Berikut adalah penjelasan lengkap terkait halaman Worksheet.
Keterangan Gambar :
- Bagian 1 menunjukkan Quick Access Toolbar. Bagian ini menampilkan menu/itur yang sering digunakan.
- Bagian 2 menunjukkan Ribbon. Di sini, kita dapat mengatur banyak hal terkait aplikasi WPS Sheet Ribbon berisi fungsi-fungsi yang dapat digunakan dalam Microsoft Excel. Terdiri atas banyak Tabs Menu. Tabs menu yang ada secara default, yaitu: File, Home, Insert, Page Layout, Formulas, Data, Review, View, dan Help. Apabila kalian menambahkan objek tertentu, ada Tabs tambahan yang tampil dan berisi fungsi khusus untuk objek tersebut. Tabs ini disebut Contextual Tabs.
- Pada setiap Tabs, fungsi yang ada dikelompokkan lagi ke dalam Group Menu. Contoh untuk Tabs Home, yang termasuk Group Menu adalah: Clipboard, Font, Alignment, Number, Styles, Cells, Editing, dan Ideas.
- Bagian 3 menunjukkan Formula Bar. Di sini, terdapat alamat cell yang aktif beserta isi dan formula yang digunakan.
- Bagian 4 menunjukkan worksheet yang terdiri atas kumpulan cell, yang terbentuk dari baris/row dan kolom/column. Di bagian ini, kalian dapat melakukan pengolahan data melalui formula.
- Bagian 5 menunjukkan kumpulan worksheet. Dalam 1 ile atau workbook, bisa terdapat banyak worksheet sekaligus
- Workbook dapat terdiri atas banyak worksheets. Setiap worksheet terdiri atas kumpulan cells, yang terbentuk dari baris/row dan kolom/column
- Cell terbentuk dari titik pertemuan antara kolom/column dan baris/row
- Freeze Panes. Ada 3 pilihan, yaitu:Ø Freeze Panes: mengunci baris dan kolom tertentu
- Freeze Top Row: mengunci baris paling atas saja (baris 1)
- Freeze First Column: mengunci kolom pertama saja (kolom A)
- Pemanggilan cell dapat dilakukan dengan tiga cara, yaitu relative, absolute, dan mixed references
- Fungsi SUM untuk menghitung total jumlah nilai pada range tertentu. COUNT untuk menghitung jumlah Data pada range tertentu
- COUNTIF berfungsi untuk mengetahui jumlah data berdasarkan satu kondisi tertentu
Fungsi Statistik Dasar dan logika
- Average: untuk menghitung rata-rata atau mean dari sekumpulan data.
- Median: untuk menghitung nilai tengah dari sekumpulan data.
- Max: untuk mencari nilai paling besar dari sekumpulan data.
- Min: untuk mencari nilai paling kecil dari sekumpulan data.
- Large: untuk mencari nilai paling besar di urutan tertentu dari sekumpulan data.
- Small: untuk mencari nilai paling kecil di urutan tertentu dari sekumpulan data.
- AND berfungsi memastikan semua kondisi benar.
- OR berfungsi memastikan salah satu kondisi harus benar.
- NOT berfungsi mengembalikan nilai kebalikannya
- IF untuk mengecek sebuah kondisi tertentu
- SORT berfungsi menyaring data berdasarkan urutan tertentu
- FILTER berfungsi menyaring data dengan kriteria tertentu
|
|
|
|
c. Glosarium
analisis data; data analysis: proses inspeksi, pembersihan, transformasi, dan pemodelan data dengan tujuan untuk menemukan informasi yang berguna, kesimpulan yang digunakan untuk mendukung pengambilan keputusan. Termasuk di dalamnya identiikasi tren, memprediksi, atau inferensi data: informasi yang dikumpulkan dan digunakan untuk referensi atau keperluan analisis; data bisa digital atau nondigital dan bisa dalam berbagai bentuk, termasuk angka, teks, gambar, suara, atau video Validasi data (data validation) adalah kegiatan untuk mengecek kebenaran dari data yang dimasukkan ke dalam lembar kerja. Data yang dimasukkan oleh pengguna dapat dibatasi berdasarkan syarat tertentu. Data yang tidak memenuhi syarat tidak dapat di-input. struktur data; data structure: cara tertentu untuk menyimpan dan mengatur data dalam program komputer agar sesuai dengan tujuan tertentu sehingga dapat diakses dan dikerjakan dengan cara yang tepat; contoh struktur data termasuk array, antrian, linked list, pohon, dan graik
|
|
|
d. Daftar Pustaka
Irya Wisnubadra, dkk, Buku Panduan Guru Informatika Kelas VII, Puskurbuk, Kemdikbud Ristek, Jakarta, 2021
Marisa Caroline Wijanto, dkk, Informatika kelas VII, Puskurbuk, Kemdikbud Ristek, Jakarta, 2021
|
Mengetahui
Kepala SMP Negeri 13 Surabaya
Budi Setyawan, S. Pd. MM.
|
Surabaya,.................
Guru Bidang studi
Karyadi, S. Pd.
|
|